16 August 2014

Spoke Wheel vs Casting Wheel

velg

Pada umumnya, Pabrikan motor akan menghadirkan perfoma yang lebih fresh untuk setiap produksi motor baru dibanding dengan produksi sebelumnya. Hal ini sudah menjadi rahasia umum dikarenakan perkembangan yang telah ada.

Begitu pula dengan yang satu ini, dengan kemajuan teknologi yang berkembang pesat saat ini velg motor juga telah mengalami perubahan. Bermula dari bentuk velg model Spoke Wheel (velg berbentuk jari-jari), kini modifikasi pabrikan mulai beralih ke bentuk yang lebih simple dengan membumbuhi produksi motor keluaran baru dengan velg cast wheel (biasa disebut velg racing).

Walaupun velg jenis ini sudah tidak asing lagi bagi para pembalap motor sport, namun model ini tergolong baru bagi para pengguna motor di jalanan kota. Tak banyak yang tau apa perbedaan dari kedua jenis velg ini. Dari segi tampilan yang diberikan perbedaan keduanya cukup signifikan, namun tak hanya itu, dari segi fungsi kedua velg ini ternyata memiliki beberapa keunggulan tersendiri.

Sekarang kita coba urai fungsi kedua velg tersebut,

Mulai dari jenis velg spoke wheel. Velg yang biasa disebut dengan velg jari-jari ini tergolong salah satu velg yang kuat, selain itu jenis ini juga terkenal dengan sifat lenturnya sehingga velg jenis ini paling cocok untuk kondisi lintasan yang sedikit berat. Meskipun sifatnya yang kuat, lentur sehingga dapat meredam benturan velg jenis ini juga relatif murah untuk kelas yang sama. Namun dari segi perawatan velg jenis ini sedikit memakan waktu, karena bentuk yang cukup rumit velg ini membutuhkan perhatian khusus untuk perawatan seperti, harus memperhatikan kekencangan jeruji yang ada karena jika ada satu saja yang tidak layak kondisinya hal ini cukup mempengaruhi laju kendaraan kita. Selain itu, beberapa pengguna velg jenis ini juga membutuhkan waktu lebih untuk membersihkannya karena harus membersihkan ruas jari satu per satu.

Sedangkan untuk jenis velg Casting wheel yang biasa disebut dengan velg racing tergolong jenis velg yang relatif ringan, namun tidak lentur dibanding velg jenis jari-jari. Perbedaan dengan velg spoke wheel adalah, selain ringan velg jenis ini bisa pecah jika terjadi benturan yang keras. Velg jenis ini tergolong yang paling banyak diminati para pengendara motor saat ini, selain ringan, velg jenis ini sangat cocok untuk jalanan kota yang halus. Tidak hanya itu, untuk jenis ini juga sangat mudah perawatanya karena bentuknya yang cukup simple, Model lebih bagus, bergaya dan nyaman dengan model yang beragam.

Nah, dari perbedaan kedua jenis velg diatas sudah cukup digunakan sebagai panduan untuk memilih velg jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Selain cocok untuk selera motor kalian, dengan memahami karakter velg tersebut juga membuat nyaman perjalanan kalian.







Judul asli : Perbedaan Velg Spoke Wheel dan Casting Wheel

1 comment: