08 January 2015

Gerakan Peduli Bangsa : Integrated Farm

Prof. DR. Ir. Mohammad Bisri, MS berkunjung ke Pabrik Pupuk Organik PT. Tani Gumilang

Rektor UB Bertukar Ilmu ke Santoso Farm

Orang langit memang harus bertukar pikiran dengan orang bumi. Itulah kalimat yang dikumandangkan oleh H. Masngut Imam Santoso seorang entrepreneur sukses asal Blitar saat dikunjungi oleh Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS pada Rabu (7/1). Arti kalimat diatas adalah orang langit diartikan cendekiawan atau akademisi yang mempunyai ilmu harus bersinergi dengan orang bumi yang merupakan praktisi atau entrepreneur yang langsung terjun ke usaha. Dengan sinergi dari kedua pihak diharapkan dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh negara ini untuk rakyat Indonesia kata Masngut.


Bisri juga menilik langsung ke tempat usaha milik Masngut yaitu ke PT. Tani Gumilang yang bergerak di bidang pupuk organik dan ke Koperasi Serba Usaha (KSU) Rukun Santoso dimana didalamnya terdapat empat macam ternak (Sapi perah, Bebek, Ayam dan Lele). Pupuk organik yang diproduksi  berasal dari kotoran hewan KSU Rukun Santoso sehingga tidak ada yang terbuang dalam sistem pengelolaan Santoso Farm.

Bisri mengatakan kunjungan ke Santoso Farm merupakan kelanjutan dari Gerakan Peduli Bangsa di Pacet beberapa waktu yang lalu. “Kami sangat kagum dengan Integrated Farming milik H. Masngut karena dengan langsung melihat ke lokasi usaha beliau kita mendapatkan ilmu yang kedepan akan kita aplikasikan di Laboratorium Pertanian UB Jatikerto dengan model mini dari Integrated Farm milik H. Masngut. Sehingga nantinya model mini Integrated Farm ini bisa dikelola dan bisa dibuat bahan penelitian oleh mahasiswa UB,” lanjut Bisri.[dimas]

No comments:

Post a Comment