20 July 2014

Tips Meningkatkan Daya Jual

5 Hal yang Meningkatkan Daya Jual Anda

Banyak hal yang Anda pikir mungkin tak menarik, namun sebenarnya bisa meningkatkan daya jual Anda. Jangan abaikan jika Anda memiliki kemampuan sebagai berikut.

MELAMAR pekerjaan tak ubahnya menjual produk.

Dalam hal ini, Andalah produk yang dijual. Sebagai sebuah produk, Anda harus memiliki nilai jual yang tinggi dan menarik agar mereka yang nantinya “membeli” puas dan terus menggunakan jasa Anda.

Karenanya, dalam upaya pencarian kerja, Anda harus mengetahui benar keunggulan dan yang membuat Anda lebih menarik dibanding pelamar lain.

Para ahli sependapat, pengakuan yang jujur dalam mengidentifikasi diri dan daya jual akan menjadi kelebihan lain bagi para pencari kerja. Lalu apa saja yang bisa meningkatkan daya jual diri di mata perekrut karyawan?

Paul Klein, direktur Pusat Pelayanan Karier di Universitas Negeri Cleveland, Ohio, menyarankan agar para pelamar kerja membuat daftar jabatan dan tanggung jawab apa saja yang dijalani sebelumnya. Apa pun, meski kedengaran sepele.

“Contohnya, jika Anda pernah bekerja di restoran cepat saji dan menghabiskan 99 persen waktu Anda untuk menumpuk roti burger, mencantumkan sisa 1 persen pekerjaan yang Anda lakukan seperti membuka dan menutup pintu restoran tetap penting. Meski hanya 1 persen dari pekerjaan yang pernah dilakukan, tetap sangat penting, karena ini mengindikasikan tingkat kemampuan manajemen, kepercayaan, dan tanggung jawab yang pernah Anda emban,” urainya.

Kedua, tekankan pula kemampuan Anda dalam bidang lain. Banyak orang menganggap kemampuan mengetik yang supercepat bukan hal menarik untuk disinggung saat melamar kerja. Banyak hal yang Anda pikir mungkin tak menarik, namun sebenarnya bisa meningkatkan daya jual Anda. Jangan abaikan jika Anda memiliki kemampuan sebagai berikut:

1. Menguasai lebih dari satu bahasa asing. 
Sudah tidak perlu diragukan lagi. Di era global seperti sekarang, kemampuan berbahasa asing akan sangat dihargai dan menjadi nilai lebih bagi setiap pelamar kerja.

2. Kemampuan berkomunikasi yang baik. 
Tak hanya mereka yang bekerja di bagian humas yang memerlukan kemampuan berkomunikasi yang baik. Siapa pun butuh kemampuan ini sebagai bekal dasar dalam beradaptasi dengan lingkungan baru. Tapi jangan hanya dicantumkan dalam CV, Anda harus dapat membuktikannya saat bertemu langsung dengan manajer HRD.

3. Kemampuan menulis yang baik. 
Meski Anda tak melamar menjadi penulis atau wartawan surat kabar, kemampuan menulis yang baik akan menjadi daya jual tersendiri. Anda mungkin akan dilirik sebagai penulis laporan, notulen, atau apa pun.

4. Pernah aktif di organisasi atau lembaga sosial masyarakat. 
Pengalaman sebagai aktivis di sebuah organisasi bisa menjadi bekal berharga, sebelum Anda masuk dalam ke lingkungan “organisasi” yang sebenarnya, kantor.

5. Pengalaman bekerja di perusahaan ternama. 
Jangan segan-segan menunjukkan nama perusahaan, bahkan jika Anda hanya pernah bekerja di restoran cepat saji seperti McDonald's. Siapa yang tak tahu McDonald's?

(riz/adm)



Judul Asli : 5 Hal yang Meningkatkan Daya Jual Anda 

No comments:

Post a Comment