29 July 2014

Efek Samping Vitamin C

Konsumsi vitamin C lebih dari 1000 mg per hari dapat menyebabkan mual, gangguan sistem pencernaan, kram perut, diare, dan meskipun mekanismenya belum jelas kemungkinan faktor terjadinya batu ginjal meningkat. Perlu diingat, bahwa dampak negatif tersebut banyak ditemukan pada konsumsi suplemen vitamin C bukan pada konsumsi natural dari bahan makanan.

The Food and Nutrition Board, U.S. National Academy of  Sciences menetapkan bahwa batas maksimum vitamin C yang masih dapat ditoleransi oleh tubuh dan tidak memberikan efek samping paling tidak 2000 mg per hari. Namun, lebih aman bagi kesehatan untuk mengonsumsi vitamin C kurang dari 1000 mg per hari. Sebaiknya kebutuhan tubuh kita akan vitamin C dipenuhi dari konsumsi makanan sehari-hari yang seimbang, tanpa suplemen yang berlebihan. Rekomendasi jumlah asupan vitamin C untuk pria dewasa adalah 75 mg/hari.

Hitunglah kira-kira berapa mg vitamin C yang Anda konsumsi setiap hari dari berbagai suplemen Anda. Batasi sesuai rekomendasi di atas. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)


No comments:

Post a Comment