30 July 2014

Tips Memasang Box di Motor

JAKARTA, ME. Bradsis pasti sudah gak asing lagi dong, melihat para motorexpertiz yang menggunakan box di belakang motornya. Ternyata manfaatnya banyak nih bradsis, selain bisa menaruh peralatan motor, jas hujan, kita gak perlu pusing lagi buat naruh helm dan jaket saat di parkiran. Apalagi sebentar lagi musim mudik lebaran, pasti bermanfaat dong penggunaan box tambahan ini. Mau ikut pasang? Eit... mesti perhatiin hal berikut ini.
  1. Jangan Kegedean Box. Tapi banyak nih motorexpertiz yang belum tahu tentang kapasitas beban box dengan besi breketnya, karena bisa berpengaruh dengan stabilitas saat berkendara juga kekuatan breket itu sendiri. Nah ME mau sharing apa aja yang perlu diperhatiin saat memasang box tambahan di motor loe nih, bradsis.
  2. Pemilihan Besi Breket. Kualitas breket yang dijual kadang beragam nih bradsis, jika mau yang berkualitas ya pilih breket asli dari box yang loe beli, karena selain kualitas bahan, lubang baut juga pegangan breket sudah disesuaikan dengan tipe motor. Tapi jika ingin memakai breket modifikasi, saran ME sih, pakai aja yang model sliding alias bisa dimaju-mundurin posisi boxnya ketika sendiri atau saat berboncengan.
  3. Sesuaikan Ukuran Box. Jangan hanya dilihat dari merek dan modelnya, tapi lihat ukuran box yang akan loe pasang. Karena juga memperngaruhi keseimbangan saat berkendara. Tapi  lihat dari tunggangan loe juga nih bradsis, tipe/model box yang dipakai, jangan sampai maksain banget, motor kecil pakai box besar, atau motor besar pakai box kecil. Nanti malah dibilang bawa rice cooker, lagi, hahaha...
  4. Cek Komponen Box. Saat membeli  box baru, pasti satu set dong dengan tatakan box, mur dan baut plus ring, juga kabel lampu rem. Nah siapkan nih, alat alatnya seperti kunci T ukuran 12, L ukuran 5, ring-pas 10 dan obeng kembang, buat jaga–jaga kalau ada baut yang kendor saat di perjalanan.
  5. Stop Light Box. Untuk pemasangan stop light alias Lampu rem di box, tinggal urut kabel lampu rem dari Box trus tinggal sambungkan ke soket lampu rem pada motor loe nih bradsis, tapi karena menyangkut komponen kelistrikan pada motor, saran ME sih mending minta pasang oleh mekanik langganan loe nih, bradsis.


Semoga bisa bermanfaat artikel ME kali ini bradsis, tetap semangat juga safety ride saat di jalan raya dan turinglah sebelum turing itu dilarang. Hehehe...




Text & Foto : Ichsan (ixzan.motorexpertz@gmail.com) Join us on fanpage : Motorexpertz, twitter: @MotorExpertz, PIN BB: 24B2AFEE
Judul Asli : Pasang Box Di Motor, Perhatikan Ini Dulu Bradsis

No comments:

Post a Comment