20 July 2014

Akhir dari Android Nokia X








Selamat Tinggal Android Nokia X


KOMPAS.com - Smartphone Nokia berbasis Android, Nokia X, ternyata tak berumur panjang. Microsoft berencana menghentikan produksi dan penjualan ponsel pintar Android tersebut.
Kabar mengejutkan itu terungkap dari sebuah memo internal untuk karyawan Microsoft yang ditulis oleh CEO Microsoft, Satya Nadella.
Seperti dikutip dari Techcrunch, Jumat (18/7/2014), Nadella, dalam memo berisi 3.100 kata, menuliskan: "Kami berencana mengalihkan desain produk Nokia X menjadi Lumia yang menjalankan Windows."
Ke depannya, Nokia X akan menjadi bagian dari Lumia dengan harga ekonomis dan tak lagi menggunakan sistem operasi Android. 
Sejauh ini, Microsoft baru menjual dua model Nokia Android, Nokia X dan XL. Untuk Nokia X2 baru dirilis beberapa waktu lalu namun belum mulai dipasarkan.
Nokia X pertama kali dirilis resmi pada Februari lalu dalam ajang Mobile World Congress (MWC) yang digelar di Barcelona, Spanyol.
Nokia X mengusung sistem operasi Android, yang dibalut dengan tampilan mirip Windows Phone. Meski pakai Android, Nokia X ini tak dibekali dengan layanan-layanan ala Android dari Google, semisal Google Play Store. Sebagai gantinya, Nokia menyediakan Nokia App Store miliknya.
Baru berumur lima bulan, Android Nokia X sudah harus "masuk" museum. Bagi Anda yang ingin menyimpan Nokia X sebagai kenang-kenangan, Microsoft tetap menjual ponsel Android sampai stoknya habis dan menjamin layanan purna jualnya.
Selamat tinggal, Android Nokia X.

Penulis: Oik Yusuf
Sumber: TechCrunch 
Editor: Reza Wahyudi



>>>>>>>




Microsoft Akhiri Ponsel Android Nokia X

Metrotvnews.com: Selain mengumumkan pengurangan 18 ribu karyawan pada tahun depan, Microsoft juga menyampaikan perubahan strategi bisnis ponsel mereka. Dalam memonya kepada karyawan, mantan CEO Nokia Stephen Elop mengatakan, salah satu perubahan penting menyangkut Nokia adalah penghentian penggunaan Android pada lini produk Nokia X.
Nokia X, ponsel berbasis Android yang menargetkan segmen kelas menengah ke bawah itu akan menjalankan sistem operasi Windows Phone.
"Kita akan fokus membuat pasar untuk Windows Phone. Dalam jangka pendek, kita berencana menambah volume Windows Phone dengan menargetkan segmen smartphone yang lebih terjangkau, yang merupakan segmen dengan pertumbuhan tercepat, dengan Lumia," katanya, Kamis (17/7).
Mengapa Microsoft harus berhenti menggunakan Android?
Microsoft menyadari, segmen ponsel kelas bawah saat ini mengalami pertumbuhan paling cepat. Dengan mengganti sistem operasi Nokia X menjadi Windows Phone, Microsoft bisa memperluas pasar atau jumlah konsumen sistem operasi buatannya tersebut.
Di segmen ponsel kelas atas, Microsoft akan memanfaatkan inovasi dari tim Windows, seperti menghadirkan Universal Windows Apps, untuk memperkaya ekosistem aplikasi Windows.
(Abe)

Insaf Albert Tarigan 



<<<<<<<



Microsoft Pastikan 'Bunuh' Ponsel Android Nokia

Jakarta - Selain melakukan PHK terhadap 18 ribu karyawannya, Microsoft juga membuat pengumuman lain yang cukup mengejutkan. Perusahaan yang dipimpin CEO Satya Nadella ini memutuskan mengakhiri proyek Android Nokia.
Artinya, model Nokia X dan variannya akan menjadi ponsel terakhir Nokia yang berbasis Android. Sedangkan Nokia X2 yang belum lama ini diumumkan belum jelas nasibnya, apakah tetap akan dijual atau tidak.
Model Nokia X kemudian akan jadi bagian dari Lumia dan akan menjalankan sistem operasi Windows Phone. Sedangkan model Nokia X berbasis Android yang sudah beredar saat ini dan digunakan konsumen, dijanjikan tetap akan mendapat dukungan penuh.
"Kami berencana membuat perangkat Lumia harga rendah dengan menggeser desain Nokia X masa depan menjadi perangkat Windows Phone. Kami berharap bisa melakukan hal ini secepatnya sambil tetap menjual dan mendukung produk Nokia X yang sudah eksis," kata Stephen Elop, kepala divisi mobile Microsoft.
Pengembangan ponsel Android Nokia memang dilakukan sebelum proses akuisisi Microsoft selesai. Kini, Microsoft sudah memastikan tidak akan lagi membuat ponsel berbasis Android dan fokus sepenuhnya ke Windows Phone.
Nokia X sendiri diumumkan pada perhelatan Mobile World Congress (MWC) yang berlangsung di Barcelona Februari 2014 lalu. Baru seumur jagung, Microsoft kini memastikan tidak akan melanjutkannya.
(fyk/ash) 

Fino Yurio Kristo

No comments:

Post a Comment