21 December 2014

Gerhana Matahari Total di Indonesia Maret 2016

The  March 2016 Total Solar Eclipse Best observed from Indonesia


The Maret 2016 Gerhana Matahari Total Terbaik diamati dari Indonesia

Gerhana Matahari akan terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016, tepat pukul 08.58.19 Waktu Indonesia Barat. Para ilmuwan setuju bahwa fenomena yang luar biasa dan luar biasa ini akan menjadi yang terbaik terlihat di Indonesia dari sejumlah kota di lengkungan atas kepulauan kota ini meliputi: Palembang dan Tanjung Pandan (di Sumatera), Palangkaraya, Balikpapan (Kalimantan) Palu (Sulawesi Tengah), Ternate (Maluku Utara), dan Sofifi (Papua)


Berita itu telah menarik global "pemburu gerhana" dari beberapa latar belakang, astronom, penggemar, fotografer, dan ilmuwan, kepada masyarakat umum untuk membuat rencana awal dari dan mengatur perjalanan mengikuti jalan gerhana di Indonesia. Sejumlah operator tur internasional telah membuat paket wisata Gerhana Matahari Total di Indonesia, di antaranya adalah Trails Astro dan Telescope.

Perusahaan pelayaran di Indonesia, PT.PELNI melaporkan bahwa sekarang ada sudah minimal 4 kapal pesiar yang telah terdaftar untuk menyeberang perairan Indonesia selama tanggal tertentu, yang merupakan Grafis Nasional Orion Cruise, Caledonian Cruise, Coral Princess Cruise, dan Peter Deilmaan Cruise. Daerah yang paling populer yang dipilih sebagai titik awal adalah Banda Aceh di Provinsi Aceh dan. Teluk Kumai, masuk pelabuhan untuk cadangan orangutan Tanjung Puting di Kalimantan Tengah, terus Selat Makassar ke utara sepanjang jalan ke Pulau Halmahera di Maluku Utara.

"Kami juga menyediakan paket wisata Gerhana Matahari Total bagi wisatawan di Indonesia yang ingin menyaksikan peristiwa luar biasa. Ini adalah KM Lawit (100pax) yang akan berlayar ke Bangka Belitung; KM Dorolonda (300pax) dan Nyapulu (200pax) yang akan berlayar ke Palu; dan Dorolonda (3000pax) dan Lambelu (2000pax) untuk berlayar ke Ternate "jelas Budi Santoso, Senior Manager PELNI Pengiriman Badan, selama seminar berjudul" Solar Eclipse Temukan di Indonesia 2016 "di Jakarta, 16 Desember 2014.

Sementara itu, PATA Indonesia Chapter (PIC), sebagai anggota Pacific Asia Travel Association bergengsi dianggap bahwa gerhana matahari total bisa mempromosikan dan meningkatkan potensi pariwisata daerah. Itulah sebabnya, PIC bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan pihak lain juga akan mempromosikan acara spektakuler ini.

"Ini adalah kick off untuk PATA Indonesia untuk berbicara dengan pihak lain untuk menyadari pentingnya gerhana matahari yang akan datang. Kami mendorong para pemangku kepentingan lokal untuk beprepared untuk ini dan datang dengan program; ini harus mencakup upaya memecahkan rekor selama gerhana "kata Poernomo Siswoprasetio, Ketua PATA Indonesia Chapter.

Cara Amati Gerhana Matahari Total

Menurut Kepala Observatorium Bosscha di Bandung, Mahasena Putra, bagian timur (Provinsi Maluku Utara) Indonesia memiliki kesempatan terbaik topresent pandangan yang terbaik dari gerhana karena awan tipis yang diharapkan di sana dan durasi yang relatif panjang gerhana yang bisa dilihat di sini. Di kota Ternate gerhana matahari total bisa dilihat selama 2 menit 35 detik, sedangkan kota Maba di Kabupaten Halmahera Timur akan menikmati durasi terpanjang untuk melihat gerhana selama 3 menit 19 detik, sebelum gerhana matahari total berlanjut selama Samudera Pasifik.

Seperti yang terlihat dari planet Bumi, gerhana matahari terjadi saat Bulan lewat di antara Matahari dan Bumi, saat Bulan penuh atau sebagian akan memblokir ("occults") Matahari Mahasena Putra melanjutkan bahwa gerhana parsial dapat, pada kenyataannya, terjadi sesering 13 kali dalam setahun, namun, kemungkinan gerhana matahari total yang reallyrare.

   Sebuah gerhana matahari total bisa dilihat dengan mata telanjang, namun selama proses ketika disc bulan adalah untuk sepenuhnya menutupi matahari, salah satu akan membutuhkan filter seperti layar surya, lubang jarum, atau proyeksi teleskop. Alat ini diperlukan untuk mencegah kebutaan pada mata.

"Selama detik dari total gerhana matahari, matahari akan menghasilkan cahaya yang menyilaukan sangat kuat yang akan menyebabkan kerusakan mata telanjang" tambah Mahasena.

Gerhana matahari total terlihat di Indonesia pada 11 Juni 1983, yang terjadi selama perkasa Candi Borobudur Budha. Pada saat itu, Indonesia'sNational Television Network (TVRI) menyiarkan seluruh acara. Fenomena ini diulang pada tanggal 24 Oktober 1995, namun, hal itu terjadi sangat singkat dan wasonly terlihat di pulau kecil Sangihe di Sulawesi Utara. Mahasena mengharapkan bahwa 2016 gerhana matahari total dapat disiarkan melalui webcast seperti melalui upaya saat ini sedang dipersiapkan oleh Badan Astronomi Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informasi.

  Kota Palu Gears Up untuk Gerhana Matahari Total

Kota Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah akan berada di antara kota-kota Indonesia untuk bepassed oleh gerhana matahari total 2016 dan saat ini target operator tur dari berbagai negara. Sampai saat ini, tiga hotel terbesar di kota itu dilaporkan sudah penuh dipesan untuk periode tersebut. Di antara mereka yang telah memesan adalah operator dari Jepang (55 kamar), Amerika Serikat (250 kamar), dan Inggris (75-100 kamar). Promosi terus ditingkatkan, namun, karena Palu akan memiliki tiga hotel baru di tahun 2015, yaitu: Hotel Best Western, Hotel Double R dan Hotel Sultan Raja.

"Titik yang terbaik untuk mengamati gerhana matahari total akan dipusatkan di pantai Teluk Palu yang tepat di jantung kota dan tidak terlalu jauh dari lokasi banyak hotel" jelas Bambang Nugraha, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tengah.

Untuk gerhana matahari total 2016, Kota Palu sudah membuat persiapan semua yang diperlukan termasuk perbaikan infrastruktur, menambah kamar hotel lagi, tambahkan transportasi, keamanan, serta mengatur berbagai acara pra seperti karnaval dan festival (termasuk Sail Tomini 2015) , dan memantau perkembangan terbaru di gerhana dengan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA).

Selain Palu, kota lain di Sulawesi Tengah yang akan dilalui oleh gerhana matahari total adalah Gumbasa di Kabupaten Sigi. Wakil Walikota Palu, Andi Mulhanan Tombolotutu menjelaskan bahwa operator tur internasional juga termasuk Gumbasa dalam perjalanan mereka lengkap dengan kegiatan kelautan.

"Mulai dari Palu, mereka akan menuju ke Tugu Khatulistiwa, sebelum mengamati gerhana di Gumbasa, kemudian terus Tomini Bay untuk menyelam dan menyaksikan koloni kelelawar" kata Andi.

2 comments: