06 September 2014

Kongres Pergerakan Desa








Hadiri Kongres Pergerakan Desa, Jokowi Diminta Perkuat Komunitas Pedesaan
Rivki - detikNews

Foto: Rivki/detikcom

Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo siang ini menghadiri acara Kongres Pergerakan Desa di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Jokowi diminta memperkuat komunitas pedesaan.


Jokowi yang mengenakan kemeja putih ini langsung disambut oleh para peserta saat datang sekitar pukul 11.30 WIB, Sabtu (6/9/2014). Ketua Kongres Gerbang Sari, Mooryati Soedibyo ikut menyambut Jokowi.

Acara ini merupakan seminar yang akan membahas masalah-masalah desa. Mereka juga akan menyampaikan produk-produk UKM yang dibuat di desa-desa.

"Kongres Pergerakan Desa, diharapkan mengawal mendampingi dan memecahkan masalah-masalah dan akan menyampaikan ke bapak," ujar Ketua Sterring Komite, Joko Widiatmoko dalam sambutannya.

Penyelenggara acara meminta kepada Jokowi agar peran komunitas pedesaan diperkuat. Dia berjanji akan terus mengawal Jokowi hingga 5 tahun ke depan sebagai presiden RI.

"Kami akan mengawal bapak hingga 5 tahun ke depan. Kalau bapak sering bilang wong ndeso, ya kamilah wong ndeso sesungguhnya," ujarnya.


Sumber :







Jokowi Siapkan Sistem Pengucuran Dana untuk Desa
M Rodhi Aulia 

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) tengah menyiapkan sistem pengucuran dan penerimaan anggaran untuk desa. Sistem yang baik harus dibangun untuk mencegah munculnya tersangka korupsi dari desa. Terlebih, anggaran untuk desa hingga miliaran per tahun.

"Menyiapkan bagaimana itu (anggaran) bisa sampai ke desa. Yang kedua, menyiapkan sistem manajemen di desa itu. Artinya, mereka punya perencanaan yang baik, organisasi yang mengelola itu juga siap," kata Jokowi dalam sambutannya di acara Gerakan Kebangkitan Desa Mandiri yang bertajuk Kongres Pergerakan Desa 2014, di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Sabtu, (6/9/2014).

Pengawasan terhadap pengucuran dan penerimaan anggaran harus dilakukan oleh pemerintah pusat, sehingga potensi penyelewengan di tingkat desa dapat diatasi dengan baik. "Setelah itu, dari pusat, pengawasannya juga harus jelas seperti apa sistemnya. Kalau itu tidak disiapkan, uang yang berpuluh triliun itu bisa akan menjadi masalah," imbuh Jokowi.
(Jco)


Sumber :

No comments:

Post a Comment