27 April 2014

Manfaat Diet Organik

Manfaat Melimpah dari Diet Organik

Menu sehat bukanlah menu makanan yang harus mahal berdasarkan nilai ekonominya, tetapi memiliki nilai mahal karena nilai gizi dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.
Tidak perlu memilih jenis makanan sehat yang pada dasarnya yang menjadi dari bagian di dalamnya adalah sayuran dan buah-buahan yang mahal, dengan jenis buah yang ditemui dengan mudah saja mampu membantu Anda untuk mewujudkan menu sehat. Sederhana untuk sehat tetapi memiliki nilai tinggi untuk kesehatan.
Sebagian orang terkadang memilih diet dengan menggunakan obat ataupun dengan diet yang tidak sehat atau bahkan terkesan menyiksa tubuh kita. Sebenarnya dengan bahan-bahan makanan yang berasal dari organik kitapun akan mampu membuat diet Anda berjalan dengan baik dan dengan sehat juga.
Diet organik bagi tubuh tidak memberikan efek samping yang buruk, berbeda dengan apabila Anda menggunakan obat pelangsing berbagai jenis yang belum diketahui akibatnya dalam jangka waktu panjang.
Diet organik atau biasa disebut dengan naturopati memang sedang digemari banyak kalangan. Diet organik bagi tubuh ini merupakan contoh pola hidup sehat, yaitu mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak mengandung bahan kimia seperti zat perasa, zat pewarna, zat pengawet dan zat pemanis.
Menu sehat sekarang ini bukan hanya sekedar memilih jenis makanan apa yang dikonsumsi, tetapi juga bagaimana sayuran atau buah-buahan yang dikonsumsi mengandung bahan kimia atau tidak dalam perawatannya.
Sudah banyak dari Anda yang menganggap tanaman yang menggunakan pupuk kimia juga berpengaruh terhadap tanaman tersebut untuk kesehatan kita. Begitu pun dengan Anda yang sedang menjalankan diet, diet bukan lagi hanya sekedar diet, memperhatikan makanan yang dikonsumsi juga sangat penting, memilih diet organik bagi tubuh agar menghasilkan tubuh yang lebih sehat.


Bagaimana tidak? Begitu banyak keuntungan yang di dapat ketika Anda mengkonsumsi makanan hasil organik, beberapa diantaranya adalah:

Mengurangi bahan kimia berbahaya
Tanaman yang didalamnya termasuk buah-buahan dan sayuran, ketika masa pertumbuhan, tidak menggunakan pupuk berbahan kimia, dengan begitu tanaman tersebut akan matang secara alami.
Dengan begitu, resiko Anda mengkonsumsi sebagian bahan kimia yang terbawa oleh tanaman yang didapat dari pupuk berbahan kimia berkurang. Memang tidak mempengaruhi secara langsung penggunaan bahan kimia pada pupuk untuk tanaman tetapi akan berpengaruh beberapa tahun ke depan.

Tidak ada hormon pertumbuhan dalam daging
Daging pun juga perlu diperhatikan dalam pemilihannya. Daging organik berasal dari hewan yang dirawat dengan cara organik denga tidak disuntikkan hormon pertumbuhan atau steroid, yang membuat tubuh hewan tersebut akan cepat tumbuh.

Ramah lingkungan
Dalam pemakaiannya pun, tanah tidak boeh digunakan secara berlebihan dan juga diberikan cukup waktu agar tanah kembali ke keadaan normal.

Makanan organik lebih bernilai gizi
Ketika Anda mengkonsumsi makanan organik, dapat dipastikan Anda mengurangi konsumsi bahan kimia secara tidak langsung. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan gizi yang optimal untuk tubuh.

Beberapa tips dalam memilih menu sehat yang baik untuk diet maupun untuk konsumi sehari-hari, sebaiknya diperhatikan beberapa hal, antara lain :
  • Untuk yang biasanya menggunakan nasi putih, mungkin bisa diganti dengan beras merah. beras merah memiliki kadar gula dalam karbohidrat rendah
  • Dalam memilih sayuran, sebaiknya memilik sayuran organik karena lebih memberikan gizi yang optimal dan tidak mengandung bahan kimia. Dalam mengolahnya menjadi masakan jang di masak terlalu lama agar kandungan gizi yang ada didalamnya tidak hilang.
  • Daging yang akan dimasak sebagai lauk juga sebaiknya yang memiliki perawatan sebelum disembelih tidak menggunakan suntikan bahan kimia


Menu sehat di atas mampu memberikan nilai gizi yang lebih besar daripada ketika Anda sama-sama mengkonsumsi bahan makanan yang sama tetapi bukan berasal dari bahan organik. Diet organik bagi tubuh tidak lagi menjadi hal susah ditemukan sekarang ini, sudah banyak yang menyediakan bahan makanan organik.
Selain diet organik bermanfaat bagi tubuh tetapi juga bermanfaat bagi lingkungan. Dengan cara organik. Manajemen pertanian organik juga lebih aman, memelihara tanah dan melindungi seluruh ekosistem.
Metode yang digunakan dalam pertanian organik melindungi struktur dan kandungan nutrisi tanah dari waktu ke waktu. Diet organik bagi tubuh tidak hanya bermanfaat bagi tubuh yang terbebas dari bahan kimia, tetapi juga memberikan dampak yang baik untuk lingkungan sekitar, termasuk kondisi tanah yang tetap terjaga kandungan nutrisinya.

Sumber: 
Manfaat Melimpah dari Diet Organik
Perempuan.com
http://gayahidup.plasa.msn.com/kesehatan/sehat-dan-bugar/perempuan/manfaat-melimpah-dari-diet-organik

No comments:

Post a Comment