30 May 2013

Pendamping Lokal Kegiatan Dana Bergulir (PLKDB) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan (MPd)







Rintik-rintik hujan di Kawasan Batu pada Sore hari itu, Senin tanggal 20 Mei 2013  tidak menghalangi peserta pelatihan Pratugas Pendamping Lokal Kegiatan Dana Bergulir (PL KDB) untuk mengikuti pembukaan "Pelatihan  Gabungan PL-KDB PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Jawa Timur" di Aula Seulawah Resort & Cafe, Kota Batu - Malang. 

Kegiatan Pelatihan Pratugas PL-KDB ini merupakan Pelatihan gabungan dari 13 Kabupaten  yaitu Kabupaten Sumenep, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Trenggalek, TulungAgung, Kediri, Blitar, Madiun, Ponorogo dan Pacitan. 
PL KDB adalah personil baru di lingkungan PNPM MPd di tingkat Kecamatan dan mulai ada di T.A. 2013 ini dengan pembiayaan operasional  dari dana BLM DOK.  
Dana Bergulir merupakan dana abadi milik masyarakat yang dikelola oleh masyarakat melalui kegiatan perguliran simpan pinjam kelompok perempuan (SPP). Saat ini kegiatan perguliran SPP telah berjalan dan melayani masyarakat selama lebih dari 5 tahun. Secara umum asset kegiatan dana bergulir rata-rata setiap kecamatan mencapai 2 milyar rupiah. Kegiatan dimaksud telah melayani rata-rata 150 kelompok SPP di setiap kecamatan.
Memperhatikan kondisi dan perkembangan diatas maka dipandang perlu untuk menempatkan Pendamping Lokal guna meningkatkan atau memfokuskan pendampingan pengelolaan dana bergulir.
[Surat Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri 900/2130/PMD, tanggal 13 Maret 2013 tentang Petunjuk Teknis Pencairan dan Penggunaan Dana Urusan Bersama Kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan T.A. 2013
Lampiran 1.2. :
Petunjuk Teknis Pencairan dan Penggunaan Dana Urusan Bersama Kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan T.A. 2013
PENGGUNAAN DANA OPERASIONAL KEGIATAN (DOK) PENDAMPING LOKAL UNIT PENGELOLA KEGIATAN (PL-UPK) PNPM MANDIRI PERDESAAN T.A. 2013]

Menurut Ketua Panitia Ruri  Priyadi, kegiatan pelatihan ini diikuti 78 orang yang terdiri dari 41 orang laki-laki dan 37 perempuan. Narasumber 12 orang dan OC 3 orang.  Narasumber adalah Fasilitator di tingkat Kabupaten dari 12 Kabupaten yang terdiri dari 11 orang Fasilitator Keuangan dan 1 orang Fasilitator Kabupaten.  Tim teaching terdiri dari : Andy Laksono , Andi L , Choiriyah , Dedy Eko , Esti Pratiwi , Hannatun , Hasthari E Pamintasih , Ir Pujilestari , Mamang Rahman , Prima Parishade , Riesdya Kusumaningtyas , Sigit Prayitno , Totok .

Sampai acara pembukaan peserta yang hadir 75 orang masih kurang 3 orang dari Kabupaten Pacitan yang masih di perjalanan. Pembiayaan Pelatihan PL-KDB ini didanai dari alokasi DOK PNPM-MPd TA 2013 sebesar Rp. 85.418.000,00.  
Dalam Pengarahannya, Koordinator Provinsi PNPM MPd Bapak Nurahman Joko Wiryanu, SH. Mengingatkan PL-KDB akan posisinya yang cukup penting dalam memberdayakan kelompok untuk itu PL KDB  harus mempersiapkan mental untuk ikut berperan aktif dalam memberantas penyalahgunaan dana di tingkat kecamatan maupun desa. Di samping itu KorProv juga meminta PL-KDB untuk mempunyai karakter dan tidak Losing in the Crowded atau tenggelam dalam keramaian  agar bisa bermanfaat di lingkungan PNPM-MPd.  Tepat pukul 17.17 Kegiatan Pelatihan dibuka oleh KorProv dengan Bacaan Basmallah.     


Pelatihan PL KDB yang dilaksanakan selama 4 hari efektif mulai hari Senin – Jumat, 20-24 Mei 2013 mengalokasikan waktu selama 1.480 menit untuk mencapai tujuan pelatihan yang telah di rencanakan. 

Tujuan dari pelatihan ini adalah sbb:
  1. Peserta mengetahui Tupoksinya sebagai PL KDB.
  2. Memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan pengelolaan dana bergulir bagi Pendamping Lokal Kegiatan Dana Bergulir.
  3. Memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk memfasilitasi penguatan dan pengembangan usaha kelompok.
  4. Memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk mendorong penguatan kapasitas kelompok peminjam.
  5. Memberikan bekal dalam pengelolaan pinjaman bermasalah.
                                                                                                                                  
Out put dari kegiatan ini diharapkan PLKDB mampu:
  1. Memberikan bantuan teknis kepada Kelompok Peminjam dalam pengelolaan kegiatan dana bergulir.
  2. Memastikan bahwa sistem pengelolaan dana bergulir dilaksanakan dengan baik.
  3. Melakukan sosialisasi kegiatan dana bergulir kepada kelompok dan masyarakat, serta memberikan dukungan pelaksanaan kegiatan dana bergulir.
  4. Memfasilitasi penguatan kelompok channeling menjadi kelompok executing.
  5. Mendorong keterlibatan kelembagaan pendukung kegiatan dana bergulir dan kelompok masyarakat secara aktif dalam menegakkan sistem prosedur perguliran.
  6. Mendorong penguatan kapasitas kelompok peminjam.
  7. Melakukan evaluasi kondisi kelompok.
  8. Membantu Fasilitator dalam memfasilitasi jaringan kerjasama antar UPK dan Kelompok penerima manfaat.
  9. Mendorong peningkatan peran kader pengembangan ekonomi desa.

Pelatihan yang di kemas dalam dua kelas ini menggunakan metode POD dimana posisi narasumber  adalah sebagai  Fasilitator dengan mengutamakan explore dari peserta. 
Selama pelatihan, fasilitator tidak menjadi sumber informasi tetapi menggali informasi dari peserta lewat tanya jawab, permainan maupun simulasi. Karena sebagian besar peserta merupakan pelaku PNPM MPd di masing-masing lokasinya, maka suasana pelatihan menjadi sangat hidup, peserta menjadi sangat antusias dan aktif dalam berdiskusi dan sharing terkait kondisi pengelolaan dana bergulir di lapangan. 



Agar peserta tetap semangat dan sehat selama 5 hari pelatihan maka di pagi hari pada hari Rabu – Kamis diadakan senam aerobic bersama.

Kegiatan pelatihan ini merupakan pelatihan tahap I yang akan di tindaklanjuti dengan pelatihan lanjutan di Kabupaten masing-masing setelah PL KDB terjun ke lapang.







  • Tulisan disadur dan diedit dari : Materi PL-KDB 2013 - Kelas B - Mekanisme Perguliran - Pelatihan PLKDB di tengah rintik hujan - Judul asli: Kota Dingin Batu Menjadi Saksi Pelatihan Pratugas Bagi  78 PL-KDB - Authors : Choiriyah PL
  • Photo by Andi Mahardika & Wildansyah Nasrul Fuad
  • More Picture : Seulawah Batu Malang

6 comments:

  1. Nice post... bro...... semoga komunikasi PL KDB sejatim tetep terjalin..... dan semoga kehadiran PL KDB penuh manfaat dan diringi ridho Alloh SWT, amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonim1/6/13

      Amin.
      Thanks.

      Delete
  2. Anonim20/6/13

    http://pnpm-jatim.blogspot.com/2013/05/pendamping-lokal-unit-pengelola.html

    ReplyDelete
  3. Anonim20/6/13

    http://andimahardika.blogspot.com/2013/06/plkdb-pnpm-mandiri-perdesaan.html

    ReplyDelete
  4. Anonim26/7/13

    Local Escort of Revolving Fund Activities

    ReplyDelete
  5. Anonim1/8/13

    bravo..

    ReplyDelete