05 October 2014

Minapolitan di Tulungagung

Tulungagung Jadi Pusat Percontohan Minapolitan


Tulungagung telah dijadikan pusat percontohan Minapolitan budidaya ikan lele se Indonesia.
Untuk mewujudkan upaya itu telah dibuat cluster-cluster budidaya ikan di setiap daerah. Seperti Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang telah ditunjuk sebagai daerah Minapolitan budidaya dan produksi ikan lele.



Sedangkan ikan patin akan dibudidayakan di cluster Desa Pojok. Diharapkan petani ikan lele dan gurami tidak beralih menjadi petani ikan patin, demikian pula sebaliknya.
Sebagai sentra penghasil ikan produksi, Tulungagung telah mendapatkan bantuan mesin filet dan mesin pelet untuk membuat pakan ikan. "Untuk mengurangi biaya operasional, petani diharapkan dapat meramu membuat pakan sendiri. Kami yakin petani di Tulungagung punya banyak pengalaman membuat pakan ikan sendiri," ungkap Bupati Tulungagung.

Sementara Kepala Balitbang Kelautan dan Perikanan Dr Ir Tri Heru Priadi menjelaskan, saat ini baru tiga daerah yang mulai nengembangkan budidaya ikan patin Pasupati.
Ketiga daerah itu Jambi, Palembang dan Tulungagung. Karakteristik Kabupaten Tulungagung dinilai sangat cocok untuk mengembangkan budidaya ikan patin Pasupati untuk kualitas ekspor. Budidaya ikan patin ini untuk areal, 1.000 meter persegi dapat untuk memproduksi 15 ton ikan patin. Salah satu kelebihan ikan patin Pasupati dagingnya putih serta dapat difilet. Peluang pasar ekspornya juga sangat terbuka ke Uni Eropa, Jepang, Hongkong dan Amerika.







Sumber : 

No comments:

Post a Comment