18 June 2014

TIZEN

Tizen logo and wordmark.png
Tizen screenshot en original.png

Tizen (/ taɪzɛn /) adalah sistem operasi berbasis Linux untuk perangkat, termasuk smartphone, tablet, di dalam kendaraan infotainment (IVI) perangkat, smart TV, laptop dan kamera pintar. Model lisensi yang melibatkan perangkat lunak yang menggunakan berbagai lisensi open source yang mungkin tidak kompatibel dengan Open Source Initiative (lihat lisensi model yang di bawah), dan kit pengembangan perangkat lunak berpemilik (SDK). Hal ini bertujuan untuk menawarkan pengalaman pengguna yang konsisten di seluruh perangkat. Tizen adalah sebuah proyek dalam Linux Foundation dan diatur oleh Kelompok Pengarah Teknis (TSG) yang terdiri dari Samsung dan Intel antara lain. 
The Tizen Association dibentuk untuk memandu peran industri dari Tizen, termasuk pengumpulan persyaratan, mengidentifikasi dan memfasilitasi model layanan, dan pemasaran industri secara keseluruhan dan pendidikan. Anggota Asosiasi Tizen mewakili setiap sektor utama dari industri mobilitas dan setiap wilayah dunia. Anggota saat ini meliputi operator jaringan telekomunikasi, OEM dan produsen:. Fujitsu, Huawei, Intel, KT Corporation, NEC Casio Mobile Communications, NTT DoCoMo, Orange SA, Panasonic Mobile Communications, Samsung, SK Telecom, Sprint Corporation dan Vodafone  Sementara Tizen Association memutuskan apa yang perlu dilakukan dalam Tizen, Kelompok Pengarah Teknis menentukan kode apa yang sebenarnya dimasukkan ke dalam sistem operasi untuk mencapai tujuan tersebut. Akar Tizen kembali ke Platform Linux Samsung (SLP) dan Proyek LiMo dan pada tahun 2013 Samsung bergabung proyek Bada homegrown ke dalam Tizen. 
Minggu pertama Oktober 2013, NX300M kamera pintar Samsung menjadi produk konsumen pertama berbasis Tizen; itu dijual di Korea Selatan selama satu bulan sebelum OS yang terungkap pada KTT Developer Tizen, kemudian menjadi tersedia untuk pre-order di Amerika Serikat pada awal 2014 dengan tanggal rilis 1 Maret . tablet Tizen pertama diumumkan oleh Systena pada bulan Juni 2013, 10-inch ARM quad-core dengan resolusi 1920x1200 yang akhirnya dikirim pada akhir Oktober 2013 sebagai bagian dari kit pengembangan eksklusif untuk Jepang.  Samsung gear 2 smartwatch menggunakan Tizen dan dirilis pada April 2014.  Samsung zEQ 9000 diharapkan menjadi smartphone yang tersedia secara komersial pertama yang menjalankan sistem operasi, tetapi peluncuran yang direncanakan di Mobile World Congress 2014 tidak terjadi. 
Pada Juni 2014 Samsung mengumumkan kebijakan untuk mengurangi ketergantungan pada Android. Samsung seri Z akan menggunakan Tizen ketimbang Android, dan akan dirilis pertama kali di Rusia.




Ikhtisar 
The Tizen Association  dibentuk untuk memandu peran industri dari Tizen, termasuk pengumpulan persyaratan, mengidentifikasi dan memfasilitasi model layanan, dan pemasaran industri secara keseluruhan dan pendidikan. 
Tizen menyediakan alat pengembangan aplikasi berbasis pada perpustakaan JavaScript jQuery dan jQuery Mobile. Sejak versi 2.0, kerangka aplikasi asli juga tersedia, berdasarkan Terbuka Services Platform dari platform Bada. 
The software development kit (SDK) memungkinkan pengembang untuk menggunakan HTML5 dan teknologi Web terkait untuk menulis aplikasi yang berjalan pada perangkat yang didukung. 
The X Window System dengan Yayasan Perpustakaan Pencerahan digunakan.



Buka lingkungan 
The Core Mobile Web Platform Community Grup  (Coremob) membawa pengembang, produsen peralatan, vendor browser dan operator bersama-sama menyepakati fitur inti yang pengembang dapat bergantung pada. 
Aplikasi HTML5 berjalan pada Tizen, Android, Firefox OS, Ubuntu Touch, Windows Phone, dan webOS tanpa browser. 
Pada akhir Januari 2013, Tizen 2.0 skor tertinggi pada saat itu dalam tes HTML5 dari setiap browser.  Sebagai tes HTML5 tua yang dihapus pada tanggal 13 November 2013, Tizen 2.2 jatuh di bawah BlackBerry 10,2 pada 494 dari 555 poin. [18] Namun, pada Desember 2013 desktop browser telah kembali keuntungan, dan hasil untuk Tizen 2.2 pada perangkat Samsung skor tertinggi secara keseluruhan secara mobile, dengan skor 497 poin. 
Tizen IVI adalah sistem operasi dari Otomotif Kelas Linux Workgroup.  Ini adalah PC yang kompatibel. 
Aplikasi berbasis Qt, GTK + dan kerangka EFL dapat berjalan pada Tizen IVI.  Meskipun tidak ada dukungan resmi untuk kerangka kerja pihak ketiga tersebut, menurut penjelasan di situs Web Tizen SDK  aplikasi Tizen untuk perangkat mobile dapat dikembangkan tanpa bergantung pada Tizen IDE resmi asalkan aplikasi sesuai dengan aturan kemasan Tizen. Pada bulan Mei 2013, pelabuhan komunitas Qt ke Tizen berfokus pada memberikan kontrol GUI asli dan integrasi Qt dengan fitur Tizen OS untuk smartphone.  Berdasarkan port Qt untuk Tizen, Tizen dan mer dapat menukar kode.



Sejarah 
Tizen berasal dari dari proses panjang adopsi Linux oleh produsen. Sebuah pohon keluarga lengkap tersedia. 
Kolaborasi Samsung dengan proyek EFL, dan terutama Carsten Haitzler, dikenal sebagai LiMo selama bertahun-tahun. Itu nama Tizen ketika Intel bergabung pada September 2011, setelah meninggalkan proyek MeeGo. Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa Tizen merupakan kelanjutan dari MeeGo. Bahkan, hal ini membangun Samsung Linux Platform (SLP), implementasi referensi disampaikan dalam LiMo.
Pada tanggal 1 Januari 2012, LiMo Foundation berganti nama menjadi Tizen Association. The Tizen Association dipimpin oleh Direksi yang berasal dari Samsung, Intel, Huawei, Fujitsu, NEC, Panasonic, KT Corporation, Sprint Corporation, SK Telecom, Orange, NTT DoCoMo, dan Vodafone. The Tizen Association bekerja sama dengan Linux Foundation, yang mendukung proyek open source Tizen.  
Pada tanggal 30 April 2012, Tizen merilis versi 1.0, yang diberi nama kode Larkspur. 
Pada tanggal 7 Mei 2012, operator nirkabel Amerika Sprint Nextel (sekarang Sprint Corporation) mengumumkan telah setuju untuk menjadi bagian dari Asosiasi Tizen dan direncanakan untuk menyertakan perangkat Tizen bertenaga dalam lineup masa depan mereka. 
Pada tanggal 16 September 2012, Otomotif Kelas Linux Workgroup mengumumkan akan bekerja dengan proyek Tizen sebagai distribusi referensi dioptimalkan untuk beragam aplikasi otomotif seperti Instrumentasi Cluster dan In-Vehicle-Infotainment (IVI) . 
Pada tanggal 25 September 2012, Tizen merilis versi 2.0 alpha, kode-bernama Magnolia.  Ini menawarkan kerangka ditingkatkan berbasis web dengan lebih banyak fitur, dukungan HTML5/W3C API yang lebih baik dan API perangkat yang lebih, multi-proses Web WebKit2 berbasis Runtime dan keamanan yang lebih baik untuk aplikasi Web. Dukungan untuk OpenGL ES telah ditingkatkan. Baru ditambahkan Platform SDK telah disediakan untuk membantu pengembangan platform berbasis Open Build Service (OBS). 
Pada tanggal 18 Februari 2013, Tizen merilis versi 2.0, kode-bernama Magnolia.  Terlepas dari peningkatan lebih lanjut dari kerangka Web dan API, kerangka aplikasi native dengan lingkungan pengembangan Terpadu dan alat-alat yang berhubungan telah ditambahkan fitur pendukung seperti aplikasi latar belakang, mendorong IP, dan text-to-speech. Pencantuman kerangka ini adalah efek dari penggabungan bagian yang diharapkan dari Open Services Platform (OSP) kerangka kerja dan API dari sistem operasi Bada dengan platform Tizen. 
Pada April 2013 Samsung mengumumkan Tizen Port-a-thon. Kampanye ini mendukung pengembang Bada 'awal masuk ke pasar Tizen dengan menyediakan dukungan teknis dan insentif. 
Pada tanggal 17 Mei 2013, Tizen merilis versi 2.1, kode-bernama Nectarine. 
Pada Juli 2013, Samsung mengumumkan Tizen App Challenge, dengan lebih dari $ 4 juta dalam hadiah uang tunai. 
Pada tanggal 22 Juli 2013, Tizen merilis versi 2.2.  
Pada tanggal 9 November 2013, Tizen merilis versi 2.2.1. 
Pada tanggal 3 Juni 2014 Tizen merilis versi 2.3 alpha. 

Perangkat Redwood 
The Redwood Samsung Tizen Z9005 (GT-I8800) adalah high end model pra-produksi dikirim ke pengembang. Ia menggunakan TouchWiz UI dan memiliki desain yang mirip dengan seri Samsung Galaxy. 



Rilis Market 
Perangkat Samsung Galaxy Z dan Aksesoris adalah yang pertama dirilis dengan Tizen sebagai OS utama mereka. 
Diduga, perangkat Tizen pertama akan dilakukan pada semester kedua 2012.  Samsung kemudian menjelaskan bahwa kuartal pertama tahun 2013 bukanlah tanggal peluncuran produk yang sebenarnya, tetapi demonstrasi di Mobile World Congress. [38] Tizen Devices dibuat oleh Samsung dikatakan kapal pada tahun 2013, mungkin pada bulan Agustus atau September,  kemudian diganti menjadi "kemudian pada tahun 2013",  dan kemudian mungkin pada awal 2014. 
Pada Mei 2013, Samsung merilis kode sumber untuk firmware kamera NX2000 dan NX300 mereka. Arsitektur kode sumber ini didasarkan pada Tizen. 
Pada Februari 2014, Samsung meluncurkan Samsung Gear 2 dan Gear 2 Neo, menjalankan Tizen bukannya Android yang digunakan dalam asli Samsung Galaxy Aksesoris.  Pada bulan April 2014, Gear 2 dan Gear 2 Neo, menggunakan Tizen, dibebaskan. Pada tanggal 31 Mei 2014 Samsung merilis update untuk original Galaxy Gear, beralih OS dari Android ke Tizen. 
Pada Juni 2014 Samsung meluncurkan smartphone berbasis Tizen pertama, Samsung Z SM-Z910F.  The Samsung Z akan dirilis di Rusia pada kuartal ke-3, setelah itu akan dibawa ke pasar yang lebih. Pada Juni 2014, di Tizen Developer Conference 2014 Samsung menunjukkan sebuah prototipe dari berbasis Tizen pintar TV. 



Model lisensi 
Tizen 2.x memiliki model lisensi yang rumit, sebagian karena masalah troll paten yang ada di pasar smartphone global . Sementara Apple telah paling agresif paten tidak sah, dan bahkan sengaja mengalihkan beberapa ke troll dikenal  untuk mengejar mitra Tizen (HTC, LG, Samsung, dan banyak lagi), pada awal 2014 lisensi silang antara produsen hardware yang terjadi lebih luas. Memperluas perangkat lunak open source dan mematenkan ekstensi adalah pilihan yang paling lisensi open source tidak membatasi. 
Model pemerintahan yang terbuka Tizen yang diciptakan melalui masukan dari masyarakat, saran, kritik, atau partisipasi, untuk Tizen 3.0.  
Sistem operasi terdiri dari banyak komponen open source. Sejumlah komponen internal yang dikembangkan oleh Samsung (misalnya, boot animasi, kalender, task manager, aplikasi pemutar musik), bagaimanapun, dirilis di bawah Lisensi Flora, pada dasarnya lisensi BSD-atau Apache-style kecuali pemberian paten untuk "Tizen Bersertifikat Landasan "saja. 
Flora tidak disetujui oleh Open Source Initiative.  Oleh karena itu, tidak jelas  Apakah pengembang secara hukum dapat menggunakan kerangka aplikasi asli dan komponen grafis untuk membuat aplikasi GPL. Akses Source code dijamin namun. 
SDK Its dibangun di atas komponen open source, tetapi seluruh SDK telah diterbitkan di bawah non-open-source Samsung lisensi.



Proyek yang terkait 
Bada, sistem operasi untuk ponsel, membentuk kerangka aplikasi asli Tizen 2.0 dan kemudian. 
Pelaksanaan Cordova untuk Tizen  adalah pembungkus library JavaScript yang memungkinkan untuk membangun dan menjalankan Cordova (PhoneGap) berbasis proyek pada Tizen. 
River Trail - tujuan proyek River Trail Intel Lab adalah untuk memungkinkan data paralelisme dalam aplikasi Web. Dengan memanfaatkan beberapa core CPU dan instruksi vektor, River Trail secara signifikan lebih cepat daripada sekuensial JavaScript. 
Sailfish OS, sebuah sistem operasi untuk ponsel




Sumber:

No comments:

Post a Comment