29 December 2013

Mobil Murah LCGC

8 Mobil Murah Paling Diminati Tahun 2013!

Tahun 2013 ini bisa dibilang sebagai tahunnya mobil murah dan ramah lingkungan, yang di Indonesia disebut dengan Low Cost Green Car (LCGC).
Para produsen mobil, tak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia, seakan berbondong-bondong membuat mobil murah agar mampu menarik minat pasar sebanyak mungkin.
Tak salah jika kuda besi beroda empat dengan harga yang terjangkau ini menjadi trending topic yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini.
Di Indonesia sendiri, LCGC mulai menampakkan diri satu persatu dalam pagelaran Indonesia International Motor Show (IIMS 2013) yang diadakan pada tanggal 19 - 29 September lalu. Sebut saja Honda Brio Satya, Suzuki Karimun Wagon R, Toyota Agya dan beberapa mobil murah lainnya diperkenalkan dalam pameran otomotif paling bergengsi di tanah air tersebut.
Kendaraan-kendaraan roda empat dengan harga murah (LCGC) yang diluncurkan di Indonesia hampir semuanya didesain dengan menggunakan BBM RON 92 (pertamax). Dengan kata lain, mobil LCGC yang dipaksa untuk berjalan dengan BBM premium biasa mesinnya akan cepat rusak.
Selain itu, sektor pelumas mesin mobil jenis ini juga perlu disesuaikan dengan kapasitas serta cuaca dan musim di Indonesia yang panas. Dengan pertimbangan tersebut, maka pelumas mesin yang paling patut direkomendasikan untuk LCGC adalah pelumas oli Top 1 Evolution 5w-30 yang teksturnya tidak terlalu kental.
Hingga detik ini, memang tak bisa disangkal lagi kalau mobil murah sangat diminati dan dinantikan di hampir semua pasar otomotif di seluruh belahan dunia.
Simak daftar mobil murah paling populer keluaran tahun 2013 disini!
 (kpl/sno)


New Suzuki Alto muncul di awal tahun 2013 di India. New Suzuki Alto ini begitu diluncurkan langsung mendapat respon yang amat positif, yakni pemesanan yang mencapai angka 50.000 unit.
Mobil yang didesain hemat dan ramah lingkungan ini menggunakan mesin bensin 3 silinder berkapasitas 796 cc dengan tenaga sebesar 48 hp dan torsi puncak 96 Nm.
Versi termahal city car produksi Suzuki ini saja dibanderol dengan harga hanya sekitar Rs 466.219 atau sekitar Rp 83 jutaan.

Produk mobil murah selanjutnya adalah Toyota Agya yang diluncurkan PT Toyota Astra Motor Indonesia pada 09 September 2013 lalu.
Bertemakan mobil dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan, Toyota Agya hadir dalam tiga tipe, yaitu tipe E, G dan TRD S.
Ketiganya menggunakan transmisi otomatis 4-percepatan yang cocok untuk jalanan ibukota yang padat. Namun, versi transmisi manual 5-percepatan juga tersedia bagi masing-masing tipe.
Mobil murah Toyota yang dibekali dengan mesin 998 cc, 12-valves, DOHC 3 silinder berbahan bensin ini dibanderol dengan harga termurah untuk tipe E manual transmission yakni Rp 99,9 juta. Sedangkan untuk tipe termahal, Agya TRD S automatic transmission dilepas dengan harga Rp 120 jutaan.

Berikutnya giliran Daihatsu dengan mobil LCGC-nya, Daihatsu Ayla.
Diluncurkan oleh PT Astra Daihatsu Motor pada Indonesia International Motor Show (IIMS 2013) bulan September lalu, mobil yang didesain agar ramah lingkungan ini hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk jarak tempuh sejauh 20 km.
Daihatsu Ayla mengadaptasi mesin 998cc dengan 3 silinder yang menganugerahkan tenaga hingga 65 hp pada 6.000 rpm dengan torsi mencapai 85 Nm pada 3.000 rpm.
Mobil ini dilepas ke pasar dengan varian termurah, Ayla D MT, yang dibanderol dengan harga Rp 76,5 juta. Sementara varian termahalnya, yaitu Ayla X AT dijual dengan harga Rp. 107 juta.

Suzuki Karimun Wagon R mulai naik daun di awal bulan Oktober 2013 lalu.
Mobil murah besutan Suzuki ini dianggap sebagai pesaing berat dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang memang sudah meluncur lebih dulu.
Suzuki Karimun Wagon R hadir dalam 3 varian, GA, GL dan tipe Gx. Ketiganya menggunakan mesin K10B 3 silinder berkapasitas 998cc yang meledakkan tenaga sebesar 67 hp pada putaran 6.200 rpm dan torsi mencapai 90 Nm pada 3.500 rpm.
Dari segi harga, Karimun Wagon R tipe GA yang merupakan tipe termurah dipatok harga Rp 77 juta dan tipe menengah GA seharga Rp 88,9 jutaan. Sementara tipe termahal, Suzuki Karimun Wagon R GX dilepas dengan harga Rp 99,9 juta.

Berikutnya yang 'mejeng' di daftar mobil murah ini adalah Datsun Go dan Go+.
Walau Datsun Go sebelumnya sudah muncul terlebih dulu di India, MPV baru Datsun Go+ melakukan debut internasionalnya di Indonesia pada pertengahan bulan September lalu. Kedua mobil tersebut didesain khusus agar sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia.
Mesin 1.200 cc mengisi dapur pacu mobil ini dengan paduan transmisi 5-percepatan cocok buat mengarungi jalanan padat kendaraan di kota-kota besar tanah air.
Kedua varian kuda besi produksi Datsun ini bakal dilepas ke pasar otomotif Indonesia mulai tahun 2014 besok dengan harga di bawah Rp 100 juta.

Satu lagi mobil yang berasal dari India adalah Tata Nano.
Dinobatkan sebagai 'Merek Mobil Terpercaya' tahun 2013 oleh Brand Trust Report, India Study bulan Februari lalu, Tata Motors Indonesia (TMI) hingga kini masih belum mengumumkan kapan mobil murah ini bakal meluncur di Indonesia.
Pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada awal tahun 2013, pihak TMI merasa Tata Nano ini masih belum bisa bersaing di pasar mobil LCGC Indonesia. Pasalnya, segi mesin Tata Nano hanya sebesar 800 cc sedangkan standar mobil murah adalah 1.000 cc.
Dari sisi harga, satu unit mobil baru Tata Nano ini dibanderol mulai dari Rp 75 jutaan.

Tak mau ketinggalan, Ford juga meluncurkan produk mobil dengan harga miring yaitu Ford Figo.
Muncul di India bulan Maret lalu, mobil murah besutan Ford ini hadir dengan dua pilihan mesin.
Yang pertama adalah mesin 1.2 liter Duratec bermesin bensin yang sanggup ledakkan tenaga hingga 71 hp dan torsi mencapai 102Nm pada 4.000 rpm.
Sementara mesin yang kedua adalah Duratorq 1.4 liter berbahan bakar solar yang menghasilkan power hingga 69 hp dan torsi 160 Nm pada 2.000 rpm.
Satu unit mobil LCGC ini dibanderol dengan harga yang termurah sekitar Rp 75 jutaan. Sedangkan untuk versi termahalnya yang dilengkapi dengan mesin diesel dan berlabel tipe Titanium dihargai Rp 109 jutaan.

Kemudian ada juga mobil LCGC produksi automaker Jepang, Honda Brio Satya.
Mobil murah besutan Honda ini dirilis di tanah air pada pertengahan bulan September 2013. Brio Satya ini sering juga disebut sebagai rival dari Daihatsu Ayla dan Toyota Agya di segmen mobil hatchback.
Hadir dalam 3 varian transmisi manual, yakni tipe A, S dan E yang basis platform dan modelnya tak jauh beda dari Honda Brio yang muncul lebih dulu. Ketiga tipe Brio Satya ini pakai mesin i-VTEC SOHC dengan 4 silinder berkapasitas 1.2 liter yang menghasilkan tenaga maksimal 86 hp.
Untuk varian termurah Honda Brio Satya tipe A dihargai Rp 106 juta, beda Rp 5 juta dengan tipe E yang dipatok harga Rp 111 juta. Sementara untuk varian dengan harga termahal adalah Brio Satya tipe S yang dibanderol Rp 117 juta.

Sumber:

No comments:

Post a Comment