16 November 2013

Waspadai Gejala Diabetes yang Mirip dengan Flu


Diabetes diketahui telah menjadi pembunuh dari lima juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya. Penyakit gula ini tak memilih siapa korbannya.
Orang dewasa, manula, bahkan anak-anak bisa terkena diabetes. Untuk itu, sangat penting mewaspadai gejala penyakit ini dan segera mencegahnya.
Bila Anda memiliki riwayat keluarga yang pernah memiliki diabetes, sebaiknya waspadai juga gejala-gejala kecil yang berkaitan dengan penyakit ini. 


Sebuah kasus terbaru menunjukkan bahwa gejala diabetes ternyata juga bisa mirip dengan gejala influenza dan demam. 
Hal ini dialami oleh Deborah, seorang warga Amerika Serikat berusia 57 tahun yang tak pernah mengetahui bahwa dia memiliki diabetes tipe-2. 

Awalnya, dia hanya merasa tenggorokannya sakit sehingga dia mengira sedang kena flu atau radang tenggorokan. Namun dia merasa sangat sakit sehingga harus memeriksakan diri ke rumah sakit. 
Di sana, deborah dikejutkan dengan hasil pemeriksaan gula darah yang menunjukkan bahwa tingkat gula darahnya telah melonjak 10 kali lipat dari tingkat yang wajar. Saat itu juga, Deborah pingsan dan mengalami koma sesaat. 
Untungnya Deborah berhasil selamat dari penyakit diabetesnya, namun tak semua orang bisa seberuntung dirinya. 
Tingkat gula darah yang sangat tinggi seperti yang dialami Deborah bisa menyebabkan koma diabetes (diabetic koma) dan berakibat fatal. Hal ini disebabkan oleh diabetic ketoacidosis atau diabetic hyperosmolar syndrome
Kedua hal ini sering ditemui pada pasien yang menderita diabetes tipe-2 dan tipe-1, seperti dilansir oleh Health.com (14/11). 
Yang paling menakutkan dan harus diwaspadai adalah bahwa sindrom ini biasanya muncul dengan gejala yang mirip dengan flu atau demam. 

Pasien akan merasa tak bersemangat, selalu merasa lelah, dan otot-otot mereka mulai terasa sakit. Persis seperti ketika seseorang akan mengalami flu. 
Untuk menghindari salah tafsir terhadap gejala diabetes yang mirip flu ini, sebaiknya orang yang memiliki risiko tinggi terkena diabetes atau yang memang sudah memiliki diabetes rajin memeriksakan tingkat gula darah mereka secara teratur. 
Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan diri dengan berolahraga dan menjaga makanan yang dikonsumsi.
Jika mengalami gejala flu yang sedikit mencurigakan, jangan remehkan! Langsung periksakan diri ke dokter sekaligus cek tingkat gula darah Anda. 
Lonjakan tingkat gula darah yang bisa membahayakan nyawa seperti yang dialami Deborah.

No comments:

Post a Comment