04 December 2012

Speedy Monitoring





Speedy Monitoring adalah online monitoring dimana anda bisa memantau dan merekam rumah atau bisnis anda dari smartphone (HP) anda dimanapun dan kapanpun dengan mudah. Speedy Monitoring memungkinkan Anda untuk menangkap, merekam, dan memonitor suatu ruangan atau area tertentu dengan menggunakan IP Camera yang terhubung ke jaringan Speedy. Oleh karenanya layanan ini dapat Anda nikmati dengan menggunakan jaringan Speedy. Anda dapat mengakses hasil monitoring dari kamera Anda melalui web browser. Tidak hanya itu saja, pengaturan masing-masing IP Camera juga dapat dilakukan melalui web browser.
Kami menyediakan media penyimpanan yang ditangani secara terpusat sehingga Anda hanya perlu menyediakan kamera dan tak perlu repot lagi dengan urusan penyediaan tempat penyimpanan data dan penyediaan server. Layanan Speedy Monitoring merupakan layanan diatas internet paket Speedy Unlimited.  Anda bisa menikmati fitur menarik Speedy  Monitoring dengan berlangganan paket Speedy mulai kecepatan 384Kbps.




MANFAAT SPEEDY MONITORING UNTUK ANDA



Deteksi Tamu Tak Diundang
Dengan Speedy Monitoring, Anda dapat mendeteksi tamu tak diundang. Anda dapat memeriksa keamanan rumah Anda dan memanfaatkan motion detect untuk mendeteksi apakah ada orang yang masuk tanpa diijinkan.

Mengawasi Anak Anda
Dengan Speedy Monitoring, Anda dapat merekam kegiatan si kecil sepanjang hari ketika Anda berpergian, baik ketika anak ditinggal dengan pengasuh anak Anda maupun ketika sedang ditemani oleh kakek-nenek tercinta. Anda dapat memeriksa apakah si kecil di rumah sedang mengerjakan pekerjaan rumah atau malah bermain game. Tidak hanya itu, dengan fitur motion detect Anda dapat mengetahui kapan buah hati tercinta Anda kembali dari sekolah.


Kamera ketika Berlibur
Anda berpergian jauh atau mudik sekeluarga ke rumah orang tua? Rumah kosong dan tidak ada yang menjaga? Tetangga jauh dan tidak bisa membantu mengawasi setiap saat? Tidak ingat apakah kompor, televisi, dan barang elektronik sudah dimatikan atau belum? Gunakan Speedy Monitoring untuk memantau keadaan rumah Anda (Monitoring Rumah).


Mengawasi Tempat Bisnis atau Kantor
Waswas meninggalkan kantor karena banyak dokumen berharga? Atau ingin mengawasi tempat usaha Anda 24 jam sehari? Dengan Speedy Monitoring, Anda hanya perlu meng-install IP Camera di tempat-tempat strategis yang bisa menjangkau segala lokasi dan mengecek kantor atau tempat usaha Anda melalui web.


Mengecek Keadaan Orang Tua
Anda bisa menggunakan Speedy Monitoring untuk memantau keadaan orangtua. Jika orangtua tinggal sendiri di rumah, di kota yang berbeda dan tak bisa Anda kunjungi setiap saat, tentu Anda akan khawatir dengan keamanan dan keselamatan mereka. Memasang Speedy Monitoring di ruangan umum seperti ruang makan dan ruang keluarga akan sangat membantu untuk mengetahui bahwa mereka dalam keadaan baik-baik saja.


Mengawasi Binatang Peliharaan
Ketika Anda meninggalkan hewan peliharaan di rumah selama berjam-jam, tentu Anda merasa khawatir apakah mereka tetap aman dan sehat. Anda dapat mengecek dan bertindak cepat jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di rumah.




FEATURES

Beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan dari layanan Speedy Monitoring:

Alokasi IP Statis
Untuk bisa menikmati layanan IP camera, Anda memerlukan alokasi IP statis. Dengan berlangganan Speedy Monitoring, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan alokasi IP Statis dari Speedy*.
Ket: * tidak berlaku untuk paket basic

Live View
Dengan layanan ini Anda dapat melakukan pengamatan atau monitoring secara langsung (live) terhadap lokasi yang telah dipasangi IP Camera.

Offsite Storage
Layanan Speedy Monitoring menyediakan fasilitas penyimpanan secara terpusat sehingga Anda tidak perlu menyediakan atau melakukan instalasi server. Dengan ini, Anda tidak perlu bersusah payah kembali ke rumah hanya untuk mengecek hasil rekaman, karena Anda dapat mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja.

Web-based interface
Dengan antarmuka berbasis web memungkinkan Anda dapat menikmati layanan Speedy Monitoring cukup dengan menggunakan web browser.

Auto Record
Dengan fitur ini, Anda dapat merekam video dari IP Camera Anda baik secara regular maupun otomatis. Anda dapat mengatur schedule untuk IP Camera sehingga bisa secara otomatis merekam video setiap 5 menit, sepanjang hari, atau regular yaitu pada waktu dan hari tertentu saja.

Berfungsi untuk berbagai macam IP Camera
Layanan Speedy Monitoring dapat berfungsi dengan berbagai macam IP Camera. Namun, kami merekomendasikan IP Camera dari Panasonic, TP Link, A-Linking, dan D-link. Anda dapat melihat deskripsi setiap IP Camera disini.

Motion Detect
Speedy Monitoring mendukung fitur motion detect. Anda dapat mendeteksi ketika ada tamu tak diundang masuk ke rumah Anda atau menggunakan fitur ini untuk mendeteksi ketika sang anak sudah kembali dari sekolah.

Dapat diakses melalui mobile phone
Hasil rekaman dari IP Camera anda dapat diakses dari mobile phone yaitu Iphone, Blackberry, Windows Phone, dan mobile phone yang support Android.

Download recorded video
Anda dapat menyimpan hasil rekaman dari IP Camera Anda ke computer lokal, cukup dengan mendownload hasil video dari Archive, maka Anda bisa menyimpan sesukanya.

Email Alerts
Anda akan mendapatkan email alerts pada saat storage video Anda sudah mencapai kuota tertentu. Anda bisa menghapus hasil rekaman yang lama atau yang sudah pernah Anda lihat, sehingga storage Anda tidak full dan hanya berfungsi untuk menyimpan rekaman yang penting saja.

Paket Basic Gratis
Ya betul, Anda tidak perlu membayar jika berlangganan Paket Basic. Tentu Anda dapat memanfaatkan secara penuh fitur-fitur yang kami tawarkan jika mencoba ke paket yang lain. Tapi, cukup dengan paket Basic Anda sudah bisa mendapatkan live view dari hasil monitoring.

Camera dapat dibagi (share)
Anda dapat berbagi kamera Anda dengan anggota keluarga yang lain, teman, rekan sekantor dan yang lain. Ketika Anda berbagi kamera dengan member lain, Anda dapat menentukan fitur apa saja yang dapat diakses oleh member tersebut dan tidak ada biaya tambahan untuk fitur share.

Paket Basic Gratis
Didukung melalui demo, email, online support Untuk memudahkan Anda dalam memanfaatkan layanan Speedy Monitoring, kami juga menyediakan berbagai demo, petunjuk cara kerja, dan online support. Anda juga dapat mengakses halaman FAQ untuk melihat penjelas dari berbagai pertanyaan yang umum ditanyakan pelanggan Speedy Monitoring.





HOW IT WORKS


Untuk dapat menikmati layanan ini antara lain, langkah yang harus dilakukan antara lain:

1. Registrasi

Melakukan registrasi atau pendaftaran ke Speedy Monitoring. Kemudian Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email sesuai alamat email yang disampaikan saat registrasi, untuk selanjutnya melakukan aktivasi.

2. Setting Modem

Melakukan setting Modem, sehingga modem dapat diakses dari jaringan internet. Berikut setting port fordwarding / NAT pada modem.

3. Install IP Camera

Dan terakhir, Anda hanya perlu instalasi IP Camera pada jaringan Speedy. (Tidak diperlukan instalasi server atau DVR/NVR di sisi pelanggan).Berikut panduan instalasi IP Camera. Tidak perlu CCTV.

4. Akses dari browser

Anda dapat menikmati layanan Speedy Monitoring dengan mengakses monitoring.telkomspeedy.com melalui browser dan  menambahkan IP Camera yang Anda miliki ke layanan Speedy Monitoring. Berikut panduan menambahkan IP Camera pada Layanan Speedy Monitoring.

5. Do more

Kini Anda dapat memanfaatkan segala fitur yang tersedia, baik share kamera, mengatur schedule kamera, share kamera, dan lainnya.





PACKAGE


Speedy Monitoring merupakan layanan pengawasan (surveillance) dimana Anda dapat melakukan akses live dan recorded video tentang kondisi tempat yang Anda inginkan (rumah atau toko) secara real time menggunakan web browser yang terhubung ke internet.

Hasil perekaman video tersimpan diserver kami dan Anda dapat mendownload hasil perekaman kapan saja.
Anda dapat melakukan pengelolaan terhadap hasil perekaman (kapasitas storage) yang Anda miliki.
Anda dapat mengakses kondisi rumah anda dari jarak jauh melalui mobile phone atau dengan menggunakan mobile application (tersedia untuk smartphone Android, iPhone, dan Windows Phone).









FREE DOWNLOAD APLIKASI SPEEDY MONITORING



Mobile Application Speedy Monitoring for Android
Download mobile apps untuk Speedy Monitoring, langsung dari smartphone Anda.
Setelah melakukan instalasi dan menjalankan aplikasi ini di smartphone Android Anda, maka Anda dapat langsung melihat hasil monitoring IP Camera Anda melalui smartphone Anda dimanapun dan kapanpun.
Download dari Google Play.

Mobile Application Speedy Monitoring for iOS
Download mobile app untuk Speedy Monitoring, langsung dari smartphone Anda.
Setelah melakukan instalasi dan menjalankan aplikasi ini di iPhone atau iPad Anda, maka Anda dapat langsung melihat hasil monitoring IP Camera Anda melalui smartphone dimanapun dan kapanpun.
Download dari apple store.

Mobile Application Speedy Monitoring for Windows Phone
Download mobile app untuk Speedy Monitoring, langsung dari smartphone Anda.
Setelah melakukan instalasi dan menjalankan aplikasi ini di Windows Phone Anda, maka Anda dapat langsung melihat hasil monitoring IP Camera Anda melalui smartphone dimanapun dan kapanpun.
Download dari Market Place.

Mobile Application Speedy Monitoring for Nokia Store
Download mobile app untuk Speedy Monitoring, langsung dari smartphone Anda.
Setelah melakukan instalasi dan menjalankan aplikasi ini di Nokia Phone Anda (dengan OS Symbian), maka Anda dapat langsung melihat hasil monitoring IP Camera Anda melalui smartphone dimanapun dan kapanpun.
Download dari Nokia Store.

Launcher Speedy Monitoring for Android
Download launcher untuk Speedy Monitoring.
Dengan aplikasi ini, Anda hanya perlu install dan menjalankan aplikasi maka otomatis membuka halaman monitoring.telkomspeedy.com di layar gadget atau phone Anda.
Download disini atau dari Google Play.

Launcher Speedy Monitoring for Blackberry OS
Untuk sementara ini launcher Speedy Monitoring untuk OS Blackberry masih dalam pengembangan. Anda dapat menggunakan browser untuk mengakses layanan Speedy Monitoring "via smartphone BB Anda"

Auto-Installer Speedy Monitoring
Download aplikasi untuk auto-install aplikasi IP Camera Anda. Aplikasi ini akan mempermudah proses instalasi IP Camera. Anda hanya perlu menghubungkan IP Camera dan komputer ke modem. Jalankan aplikasi ini dan IP Camera akan secara otomatis ditambahkan pada akun Speedy Monitoring Anda.
Spesifikasi untuk aplikasi ini:
·        IP Camera:Panasonic BL-C230, TP-LINK TL-SC3130, atau DCS-5220
·        Modem: TP-Link TD-W8901G
·        Operating system: Windows Vista atau Windows 7
Download aplikasi auto-installer Speedy Monitoring disini.

Panduan penggunaan auto-installer:
·        Panduan untuk pemakaian auto-installer IP Camera Panasonic BL-C230, dapat dilihat disini.
·        Panduan untuk pemakaian auto-installer IP Camera TP-LINK SC3130, dapat dilihat disini.
·        Panduan untuk pemakaian auto-installer IP Camera D-LINK DCS-5220, dapat dilihat disini.


Add caption





e-CATALOG


Ingin kenal lebih jelas Speedy Monitoring seperti apa?
Mau tahu fitur Speedy Monitoring apa aja?
Gimana sih cara kerja Speedy Monitoring?

Nah, kamu bisa download e-catalognya disini. FREE!
Download disini.



FAQ


Apakah perbedaan Speedy Monitoring dengan CCTV ?
Dibanding dengan CCTV, layanan Speedy Monitoring dapat diakses dari manapun karena layanan ini diletakkan di jaringan Internet. Dengan layanan Speedy Monitoring, Anda hanya perlu menyediakan akses Speedy dan IP Camera. Anda tidak perlu repot dengan urusan penyediaan penyimpanan data, penyediaan server, dan melakukan instalasi aplikasi atau software apapun. Berbeda dengan CCTV / CCTV online, disamping harus menyediakan kamera, pengguna juga harus menyiapkan media penyimpanan, server dan melakukan instalasi aplikasi tertentu. Kelebihan lain Speedy Monitoring adalah perekaman dilakukan terpusat dan disimpan di data center Telkom sehingga aman dari pencurian dan kerusakan.


Apakah saya harus membeli/mengunduh software untuk dapat melihat Speedy Monitoring ?
Untuk dapat mengakses dan memanfaatkan layanan Speedy Monitoring, Anda tidak perlu membeli atau mengunduh software apapun karena layanan Speedy Monitoring dapat diakses cukup dengan menggunakan browser. Namun, jika Anda ingin mengaksesnya melalui mobile phone Anda, maka Anda dapat mendownload aplikasinya dari market OS phone Anda (Android Market, Apple Store, Windows Market Place, atau Nokia Store).


Apakah memungkinkan bagi saya untuk membagi tampilan kamera pada user selain pelanggan TelkomSpeedy ?
Pelanggan Speedy Monitoring dapat saling berbagi tampilan kamera melalui menu  “share camera”.


Jenis IP Camera apa sajakah yang mendukung layanan Speedy Monitoring ?
Apakah saya harus membelinya via Speedy Monitoring? Untuk memanfaatkan layanan ini, Anda dapat menggunakan berbagai macam jenis IP Camera. Namun, merek IP Camera yang direkomendasikan untuk layanan Speedy Home Monitoring antara lain:
·        Panasonic
·        Edimax
·        TP Link
·        D Link
·        Alinking
Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat di halaman IP Camera.


Apakah saya memerlukan IP Camera dengan fitur "motion detection" ?
Apakah diperlukan IP Camera khusus untuk bisa menikmati fitur ini? Fitur motion detect sudah termasuk bagian dari IP Camera. Anda dapat mengatur setting motion detect melalui portal Speedy Monitoring.



Apakah IP Camera wireless dapat digunakan di Speedy Monitoring?
Ya, Anda dapat menggunakan IP Camera wireless untuk layanan Speedy Monitoring. Kami juga merekomendasikan beberapa tipe IP Camera Wireless yang dapat Anda lihat di halaman IP Camera.



Apakah kamera CCTV atau security camera dapat digunakan di Speedy Monitoring?
Tidak, kamera  CCTV atau security camera tidak dapat digunakan untuk Speedy Monitoring. Saat ini, layanan ini hanya didukung oleh IP Camera.


Apakah "email alert" itu?
Email alert adalah email yang kami kirimkan ke alamat email Anda pada saat kuota akun Speedy Monitoring mendekati batas maksimal storage.


Apakah paket Basic benar-benar FREE ?
Apakah Speedy Monitoring secara otomatis mengenakan biaya setelah satu bulan? Ya, paket Basic FREE. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apabila berlangganan paket ini. Tidak akan ada biaya  yang dikenakan baik pada saat pertama kali Anda berlangganan, sesudah 1 bulan berlangganan, sesudah tiga bulan berlangganan, dan sesudah bulan-bulan selanjutnya. Anda dapat memanfaatkan fitur yang ditawarkan paket ini sepuasnya tanpa dikenakan biaya.


Bagaimana caranya menghapus video di Arsip ?
Login ke portal Speedy Monitoring dengan akun Anda. Masuk ke halaman Storage Management pada portal Anda, maka Anda akan masuk ke halaman Disk Usage. Di halaman tersebut Anda dapat melakukan setting penghapusan file, baik hapus manual, hapus file paling lama, atau hapus setelah beberapa hari. Untuk menghapus video secara manual, klik link File Managerdan pilih video dari kamera mana yang ingin dihapus.


Bagaimana caranya mengakses Speedy Monitoring dengan menggunakan mobile phone?
Login dengan akun Anda ke monitoring.telkomspeedy.com melalui browser di mobile phone atau Anda dapat menginstall Aplikasi Speedy Monitoring yang telah tersedia untuk berbagai macam mobile phone, donwload dari menu download.


Bagaimana caranya melihat video di Speedy Monitoring?
Login dengan akun Anda ke monitoring.telkomspeedy.com, maka Anda akan masuk ke halaman
My Camera. Anda dapat memilih untuk melihat tampilan My Camera dengan List View atau Tree View. Pada Tree View, klik tombol + pada lokasi kamera Anda di menu sebelah kanan. Maka akan muncul nama kamera yang dipasang pada lokasi tersebut. Klik kamera tersebut, lalu akan muncul pop up yang menampilkan hasil monitoring dari IP Camera yang telah terpasang.



Apa itu Auto-Record?
Auto record adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh Speedy Home Monitoring. Anda dapat menentukan waktu rekam dari IP Camera Anda, baik setiap hari, hari tertentu saja atau waktu tertentu.

Bila saya memutuskan untuk berhenti berlangganan Speedy Monitoring, apakah akan memutus kontrak berlangganan TelkomSpeedy ?Tidak.

Bila saya memutuskan untuk berhenti berlangganan TelkomSpeedy, apakah akan memutus kontrak berlangganan Speedy Monitoring ? Ya.


Apakah memungkinkan bagi saya untuk melakukan migrasi paket layanan Speedy Monitoring ?
Ya, melalui menu “mutasi” (menu dapat diakses setelah pelanggan terdaftar sebagai pelanggan Speedy Monitoring).






Glosarium / Glossary



CCTV adalah singkatan untuk closed circuit television alias televisi sirkuit tertutup. Ini adalah sistem di mana sirkuitnya tertutup dan semua elemennya terhubung. Hal ini berbeda dengan siaran TV di mana tunernya mengambil sinyal dari gelombang udara. (Dalam hal ini, terhubung berarti dihubungkan dengan kabel, gelombang mikro, inframerah, dll.). CCTV merupakan peralatan pengawas (surveillance) yang memonitor keadaan sekitar melalui kamera pengintai yang disebut kamera CCTV. Alat ini berfungsi mendeteksi seluruh kejadian di tempat yang ingin kita pantau, tanpa kita harus berada di tempat tersebut (materi-tik-ptd, 2012).


CCTV online adalah CCTV yang dapat diakses secara online melalui jaringan (kabel atau nirkabel), salah satunya melalui jaringan internet, sehingga dapat dimonitor dari mana saja selama tersedia akses internet, baik dalam kondisi menetap atau bergerak (mobile) (iklangratis234, 2010).
Cctv ONLINE adalah Cctv yang dapat dipantau via Hp ( Nokia all type yg Support Aplikasi Symbian O.S 3 dan O.S5,BB,Android,iPad,iPhone,Tablet PC ) Internet,Wifi,Wireless dan Laptop (tokoone, 2012).


IP Camera adalah CCTV (Closed-circuit television) kamera yang menggunakan Internet Protokol untuk mengirimkan data gambar dan sinyal kendali atas Fast Ethernet link. Dengan demikian, IP Camera juga sering disebut sebagai kamera jaringan. IP Camera yang terutama digunakan dengan cara yang sama seperti analog televisi sirkuit tertutup. Sejumlah IP Camera biasanya ditempatkan bersama-sama dengan perekam video digital (DVR) atau jaringan perekam video (NVR) untuk membentuk sistem pengawasan video. Keamanan pada saat ini menjadi hal yang penting. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan keamanan baik untuk keamanan pada perusahaan maupun tempat pribadi seperti rumah. Teknologi kemanan yang banyak digunakan sekarang adalah CCTV. Dengan CCTV kita dapat memantau aktivitas atau kegiatan yang terjadi pada suatu tempat. Pengguna Mobile Phone dan IP Camera sendiri sedang meningkat di Indonesia. Oleh karena itu penulis ingin menggabungkan IP Camera dengan Mobile Phone dimana user yang menggunakan Mobile Phone dapat melihat IP Camera yang telah terhubung secara live. Sehingga dapat meningkatkan mobilitas penggunaan smart phone menjadi lebih efektif dan fleksibel untuk mengakses IP Camera dimana saja dan kapan saja (banyumaslive, 2012).


Monitoring rumah adalah suatu proses rutin pengumpulan data dan pengukuran kemajuan atas objektif program,yang Memantau perubahan, yang terfokus pada proses dan keluaran serta suatu aplikasi yang dibuat dengan tujuan untuk dapat memonitoring rumah dari sebuah komputer. Monitoring disini mencakup pengendalian terhadap peralatan rumah yang memakai daya listrik yaitu pengendalian terhadap hidup dan mati dari alat tersebut, dengan memberikan sinyal bahaya apa bila ada benda yang melewati alat berupa sensor inframerah, dapat juga melihat keadaan rumah secara visual dengan webcam yang terpasang (garaseiklan, 2010).


Online Monitoring adalah proses rutin pengumpulan data dan pengukuran kemajuan atas objektif program, memantau perubahan, yang focus pada proses dan keluaran secara online (Nurhastuti, 2012).
Online Monitoring dilakukan dengan pemantauan langsung suatu tempat dengan memanfaatkan jaringan computer baik LAN, WLAN atau internet. Online monitoring bisa menggunakan IP camera atau CCTV online (skylinepwt, 2012).

1 comment: